Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi HUT OPM, Polda Papua Gelar Kejuaraan Voli

Kompas.com - 29/11/2014, 20:04 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Papua memiliki cara tersendiri untuk mengantisipasi aksi peringatan ulang tahun Organisasi Papua Merdeka yang jatuh pada tanggal 1 Desember. Institusi tersebut menggelar kejuaraan bola voli Kapolda Cup untuk mengalihkan perhatian masyarakat agar tidak melakukan tindakan makar.

Kejuaraan tersebut dikuti oleh 28 kabupaten yang berasal dari Provinsi Papua dan Papua Barat, antara lain, Kota Jayapura, Paniai, Kepulauan Yapen, Asmat, Jayawijaya, Nabire, Sorong, Kaimana, Manokwari, dan Raja Ampat. Total hadiah mencapai sebesar Rp 75 juta.

"Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 30 November hingga 12 Desember. Kami ingin memberikan warga sebuah kegiatan agar mereka tidak terpengaruh dalam aksi yang dilancarkan kelompok separatis pada tangal 1 Desember," kata Wakil Kepala Polda Papua, Brigadir Jenderal Paulus Waterpauw, saat ditemui dalam pembukaan Kapolda Cup di lapangan Kantor Gubernur Papua, Jayapura, Sabtu (29/11/2014).

Paulus menegaskan, kejuaraan voli tersebut merupakan wujud kegiatan cipta kondisi yang khusus disiapkan pihaknya untuk menepis propaganda yang dilancarkan kelompok-kelompok separatis yang masih eksis memperjuangkan kemerdekaan Papua. Salah satu kelompok itu adaah Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

"Kegiatan ini juga tak hanya untuk mengantisipasi pengaruh kelompok separatis. Namun, kegiatan ini juga sebagai ajang untuk merekrut atlet bola voli untuk memperkuat Papua dalam Pekan Olahraga Nasional pada 2016 mendatang," tambah Pria kelahiran Fakfak, Papua Barat itu.

Seperti diketahui, dalam setiap perayaan ulang tahun kelompok separatis di Papua rawan terjadi bentrok antara warga dengan aparat keamanan. Misalnya, perayaan ulang tahun KNPB di Kabupaten Dogiyai pada 19 November lalu. Aparat keamanan terpaksa mengeluarkan tembakan untuk membubarkan aksi demo para simpatisan kelompok separatis tersebut.(Fabio Costa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com